REKTOR Lantik Pengurus Pusat Studi LPPM Unpab

  • redaksi   Selasa, 12 April 2016

Medan-UNPAB: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat  (LPPM) Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) Medan yang di ketuai oleh Rusiadi, SE.,M.Si menggelar Pelantikan Pengurus Pusat Studi tahun 2015 sampai dengan tahun 2018 serta workshop dengan tema " Strategi Pengembangan Pusat Studi dalam Meningkatkan Income Generating " dengan menghadirkan Narasumber Prof. Dr. Ritha Dalimunthe sebagai ketua Cikal USU. Kegiatan tersebut berlangsung di  Gedung Perpustakaan UNPAB Jl. Jenderal Gatot Subroto Km.4,5 Medan pada Seni (11 Apri 2016) dan di hadiri oleh seluruh pengurus Pusat Studi Unpab.

Kegiatan pelantikan tersebut dibuka secara resmi oleh Rektor Unpab Dr. M. Isa Indrawan, SE, MM dan sekaligus melantik 8 pusat studi yang didirikan di LPPM UNPAB yaitu yaitu :

  1. Pusat Studi Kajian Hukum dan Konstitusi yang diketuai oleh : Surya Nita, SH, MH
  2. Pusat Studi Pendidikan, Kajian Metafisika dan Islam, Seni dan Budaya serta Filsafat diketuai oleh : Hadi Suprapto, S.Pdi, S.Kom.i
  3. Pusat Studi ekonomi dan bisnis, Kebijakan Publik dan Kesejahteraan Masyarakat, diketuai oleh Rusiadi, SE, M.Si
  4. Pusat Studi Penerapan sains dan energi terbarukan, diketuai oleh : Solly Aryza Lubis, ST, M.Eng
  5. Pusat Studi Lingkungan dan Pengendalian Hayati diketuai oleh : Prof. Dr. R. hamdani Harahap
  6. Pusat Studi Arsitektur dan Perkotaan, diketuai oleh : Dr. Bhakti Alamsyah, MT
  7. Pusat Studi Informatikan dan Rekayasa Komputerisasi, diketuai oleh : Darmeli Nasution, S.Kom, M.Kom
  8. Pusat Studi Pertanian dan Ketahanan Pangan, diketuai oleh Dr. Sarim, MP

Pembentukan pusat studi di LPPM UNPAB didasarkan atas tanggung jawab akademisi dalam menjembatani dengan dunia bisnis dan lingkungan birokrasi. Pusat studi mampu melahirkan berbagai komersialisasi hasil penelitian dari para dosen dan mahasiswa UNPAB. Pusat studi di LPPM UNPAB juga membentuk sentra Haki, Sentra Jurnal Internasional, Sentra Inkubator, yang diharapkan mampu mendorong lahirnya kreativitas jajaran akademisi UNPAB.

Rektor UNPAB Dr. M. Isa Indrawan, SE, MM dalam sambutannya menyampaikan pesan bahwa pusat studi tidak harus berorientasi kepada income generating teapi lebih kepada bagaimana hasil karya dan usahanya dapat bermanfaat bagi masyarakat luas dan dapat meningkatkan kualitas diri,  karena yakinlah ketika kita mampu bekerja secara sungguh-sungguh dan ikhlas InsyaAllah income generating pasti akan kita dapatkan bahkan  bukan hanya diluar kampus, tapi sampai ke luar negeri.

“Dosen harus memiliki daya kreativitas tinggi di pusat studi sehingga mampu mencari peluang kerja sama dari pihak luar baik dari Pemda, dari Perusahaan dan dari luar negeri. Cikal bakal pusat studi nantinya adalah mampu melahirkan suatu karya penelitian dan pengabdian yang mampu dikomersialisasikan secara luas, baik di dalam negeri maupun di luar negeri,” Kata Rektor

 Pada kesempatan yang sama Ketua LPPM Rusiadi, SE.,M.Si , menyatakan bahwa, pembentukan pusat studi di LPPM sangat mendukung adanya akreditasi institusi yang termasuk dalam point penilaian kinerja LPPM UNPAB di Simlitabmas Dikti. Banyaknya pusat studi, banyaknya output kerja sama dan proyek serta income generating yang dihasilkan oleh pusat studi akan mampu meningkatkan point pemeringkatan UNPAB di Kemenristek Dikti.(Hms)