Pelatihan Al Quran TematikTingkatkan Silahturahmi Civitas Unpab dan Dosen

  • redaksi   Senin, 04 April 2016

Medan-UNPAB: Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) Medan , menggelar pelatihan Al Quran Tematik, yang bertujuan mengajarkan seseorang individu lebih mengenal Islam lewat makna – makna yang terkandung dalam Al Qur’an serta membaca kitab suci umat Islam dengan arti yang sesungguhnya, di Lapangan Mahabento Kampus Panca Budi Jalan. Gatot Subroto Km.4,5 Medan, Sabtu 2 April 2016 dengan Menghadirkan pembicara Dr H. Muhammad Syafii, MA, Rektor Unpab, ratusan pegawai Unpab dan Dosen.

Dalam latihan tersebut, pembicara Dr H. Muhammad Syafii, MA menjelaskan begitu sempurnanya model tafsir Al Qur’an bisa disamakan sebagai satu metode ilmiah. Sebab banyak masalah – masalah yang timbul, sudah dijelaskan dalam Al Qur’an tetapi selama ini masyarakat tidak mau mencari problem solving dalam ayat – ayat tersebut.


Kali ini Dr H. Muhammad Syafii membaca dan membahas isi dari AD Duha (Waktu Matahari SepeggalanNaik) Surat Ke 93 : 11 Ayat. Sebelumnya Rektor Unpab Dr. H. M. Isa Indrawan, SE., MM menjelaskan kegiatan pembahasan Al Qur’an Tematik ini merupakan suatu usaha untuk merealisasikan misi Panca Budi menggali ilmu penegetahuan dan teknologi bersumber dari Al Qur’an. Kita Sama – sama mengetahui dalam Al Qur’an, dalam ketentuan Allah SWT merupakan mukjizat yang didalamnya terdapat sumber ilmu pengetahuan yang sangat luas dan tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Dipilihnya tafsir Al Qur’an karena pembahasannya dilakukan dengan berbagai tahapan yang mengandung sebuah proses ilmuan diawali dengan menetapkan topic atau masalah yang akan dibahas dan menyusun secara runtut ayat – ayat sesuai masa turunnya.

Usai pelatihan Al Quran Tematik seluruh civitas Unpab sarapan bersama dan ramah tama, karena kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya Unpab untuk mempererat tali silahturahmi antar civitas dan Dosen.