Walikota Medan Launching Kampung UKM Digital Unpab

  • redaksi   Kamis, 31 Maret 2016

Medan-UNPAB:Wali Kota Medan Dzulmi Eldin berharap, Kampung Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Digital Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) menjadi motor penggerak bagi UKM dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai penunjang dunia usaha.
 
“Konsep Kampung UKM Digital ini bagaimana pelaku usaha memanfaatkan TIK secara konprehensif dan terintegrasi untuk mendukung proses bisnis di suatu kampung atau area. Dengan demikian para pebisnis dan pelaku UKM semakin maju, mandiri dan modern,” kata Eldin dalam sambutannya saat me-launching secara resmi Kampung UKM Digital Unpab, di Gelanggang Mahabento, Kampus Unpab, Jalan Gatot Subroto km 4,5 Medan, Rabu (30/3) sore.
 
Launching (peluncuran) Kampung UKM Digital ini disaksikan Kabid Penguasaan dan Pengembangan Iptek IKM Kemenristek Dikti Godlan Situmorang, Rektor Unpab Dr HM Isa Indrawan SE, MM, Deputy Executive Vice President (EVP) Marketing Telkom Regional I Sumatera Suherman, General Manager (GM)Telkom Witel Sumut Zahrial Hamid Nasution, Rektor I Unpab Ir Bhakti Alamsyah MT, PhD, Rektor III Samrin SE, MM, Direktur Program Pascasarjana Unpab Drs H Kasim Siyo PhD, Direktur UKM Center Unpab Efrizal Adil Lubis SE, MA, para dekan di lingkungan Unpab, dan sejumlah pimpinan SKPD Pemko Medan.
 
Wali kota mengapresiasi Unpab dan PT Telkom yang memulai memberikan akses kepada UKM Kota Medan dalam memanfaatkan TIK mengembangkan dunia usaha.
“Saya berharap di Kampung UKM Digital ini akan ada berbagai diskusi dan penyuluhan pemanfaatan TIK dalam pengembangan UKM. Saya juga berharap, Dinas Koperasi dan UMKM turut menyosialisasikan Kampung UKM Digital ini, sehingga binaannya juga dapat memanfaatkan wadah ini,” harap Eldin.
 
Deputy EVP Marketing Telkom Regional I Sumatera Suherman mengatakan, Kampung UKM Digital Unpab merupakan bagian dari program Bagus Indonesia (Bina Aspirasi Gerakan Satu Juta UKM Seluruh Indonesia) yang di-launching 1 Juni 2015 di Tangerang.
Dalam program ini, katanya, Telkom akan membangun infrastruktur akses internet berikut perangkatnya, di antaranya penyediaan PC, meublair dan produk knowledge serta aplikasi yang dibutuhkan dalam bisnis UKM.
 
“Dengan program ini kami harapkan para pelaku UKM dalam menjalankan bisnisnya sudah bersentuhan dengan digital berupa aplikasi teknologi untuk membawa dan membantu mereka lebih maju dan terangkat,” katanya.
 
Rektor Unpab H.M Isa Indrawan mengatakan, Kampung UKM Digital ini merupakan program Unpab yang difasilitasi PT Telkom membantu pelaku UKM khususnya mahasiswa dalam mengimplementasikan konsep digital dalam dunia usaha, baik hardwere maupun softwere-nya.
Dia mengatakan, saat ini pelaku UKM di kampus dan Kota Medan sudah cukup banyak. Sayangnya masih dilakukan secara konvensional. “Dengan adanya kampung UKM digital ini, mahasiswa bisa memasarkan dan memperkenalkan produk atau jasa yang ditawarkannya secara luas,” kata rektor.
 
Sedangkan Direktur UKM Center Unpab Efrizal Adil Lubis mengatakan,  peresmian Kampung UKM Digital ini tepat pada waktunya. Pasalnya, UKM Center Unpab yang diluncurkan sejak tiga tahun lalu kini dalam tahap aplikasi.Seusai launching Kampung UKM Digital dilanjutkan dengan sosialisasi inkubasi bisnis teknologi dengan narasumber  Godlan Situmorang dari Kemendikti. (Hms)