FH UNPAB Bentuk Forum Badan Kerjasama Dekan dan Ka.Prodi Ilmu Hukum PTS Se-Sumut

  • redaksi   Selasa, 29 Maret 2016

Medan-UNPAB: Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) Medan, menggelar Pertemuan Dekan dan Ka. Prodi Ilmu Hukum Se-Sumatera Utara,  turut hadir dalam kegiatan tersebut Rektor II Unpab Dra. Hj. Irma Fatmawati, SH, M.Hum, Rektor III Samrin, SE., MM, Ka.Prodi Se-Unpab, Dosen dan Civitas Unpab lainnya. Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk membentuk Forum Dekan dan Kaprodi Ilmu Hukum yang membahas tentang Pendidikan Tinggi Hukum yang merupakan salah satu tonggak utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Hukum mengatakan, bahwa dalam perspektif penegakan hukum yang berorientasi pada terwujudnya keadilan substantive yang tidak terjebak pada penegakan formalitas-positivistik, kualitas pembangunan hukum yang berkeadilan memiliki relevansi yang kuat terhadap eksistensi pendidikan tinggi hukum. Pendidikan Tinggi Hukum selain sebagai transformasi nilai (Transformation Of Value). Hal ini tertuang dalam penerapan kurikulum pendidikan tinggi hukum yang kita kembangkan di prodi ilmu hukum.

Rektor Unpab Dr. H M Isa Indrawan, SE., MM saat membuka acara mengatakan, sangat apresiasi dengan kegiatan ini dan berterimakasih kepada Rektor USU Prof.Dr Runtung Sitepu, SH, MHum, yang bersedia hadir. Diharapkan agar arahan dan bimbingan beliau dapat menjadi panutan untuk tumbuh dan kembangnya Forum tersebut.

 “Disini kita adalah mitra bukan sebagai pesaing. Dan dengan terbentuknya Forum/Asosiasi ataupun nantinya kita sebut sebagai Badan kerjasama Dekan dan Ka.Prodi Ilmu Hukum PTS Se-Sumatera Utara dapat mempererat silahturahmi serta Unpab sesuai dengan Visi dan Misinya terus berkembang dengan meningkatkan kerjasama baik dengan PTS di dalam negeri namun juga di luar negeri,” Ujar Rektor

M Isa mengatakan dengan kegiatan ini akan terjalin kerjasama yang tertuang dalam penandatanganan MoU (Memorandum Of Understanding) anatar Fakultas Hukum Unpab dengan Fakultas Hukum PTS Se-Sumut yang hadir pada hari ini, karena mau tidak mau kita harus siap bersama-sama meningkatkan kualitas lulusan yang kompeten dan siap bersaing bukan hanya dikancah regional tetapi sudah harus mampu bersaing di kancah Internasional sesuai dengan target Unpab menuju World Class University Tahun 2033.

Kegiatan ini diisi dengan beberapa paparan materi dan pembicara antara lain: Prof.Dr Runtung Sitepu, SH, MHum menyampaikan tentang (proses akreditasi Prodi Ilmu Hukum),  Prof. Dr. Saidu Rahman, SHI, MA (Penerapan Kurikulum KKNI pada Prodi ilmu Hukum ) dan Ibu Najla Lubis, ST, Msi dari Unpab (Penerapan Sistem Penjaminan Mutu Internal). (Hms)