KEMENLU Selenggarakan Kuliah Umum Sehari Di UNPAB Medan

  • redaksi   Senin, 21 Maret 2016

Medan-UNPAB: Dalam rangka memperkenalkan dan memeberikan pemahaman yang lebih luas mengenai pelaksanaan diplomasi pembangunan berkelanjutan dan perubahan iklim dalam politik luar Negeri Republik Indonesia, Tanggal 18 Maret 2016 Direktorat Jenderal Multilateral, Kementerian Luar Negeri  (KEMENLU) menyelenggarakan Kuliah Umum Di Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) Medan. Unpab merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang menjadi tempat kegiatan “ Kuliah Umum”.

“ Kuliah Umum” dengan narasumber Toferry Primanda Soetikno yang merupakan Direktur Pembangunan Ekonomi dan Lingkungan Hidup, Direktorat Jenderal Multilateral,Kementerian Luar Negeri diikuti lebih dari 100 mahasiswa dari Fakultas Hukum, Ekonomi, Pertanian , Fakultas Magister Hukum, dan Filkom. Turut hadir dalam kuliah umum tersebut Rektor II Dr. Hj. Irma Fatmawati, SH., M.Hum, Rektor III Samrin, SE., MM, Dekan Fakultas Hukum, Ka.Prodi Fakultas Hukum, Para Dosen serta pegawai di lingkungan Unpab.

Kuliah Umum dibuka secara resmi oleh Rektor III Samrin SE., MM, dalam sambutannya beliau menyampaikan kegiatan seperti kuliah umum ini merupakan salah satu upaya Unpab untuk memberikan bekal ilmu kepada para mahasiswa secara menyeluruh dengan menghadirkan langsung praktisi yang ahli di bidangnya masing-masing. Kuliah Umum ini juga merupakan pertukaran informasi guna mengetahui lebih dalam bagaimana perkembangan diluar negeri untuk kesiapan kita menghadapi MEA 2015.

“ Berkaitan dengan materi yang akan disampaikan oleh narasumber Toferry Primanda Soetikno tentang diplomasi pembangunan berkelanjutan dan perubahan iklim dalam politik luar Negeri Republik Indonesia, Unpab sendiri sejak lama sudah mengimplementasikan Budabsih dan Budabhe (Budaya Bersih dan Budaya Hemat Energi) yang diyakini secara bertahap dapat memiasakan diri sendiri, mahasiswa serta masyarakat sekitar terbiasa memelihara lingkungan yang nantinya berdampak pada persiapan perubahan iklim yang akan terjadi di Indonesia dalam waktu dekat,” Kata Bapak Samrin

Narasumber Toferry Primanda Soetikno menyampaikan materi Kuliah Umum dengan sangat baik dan mudah dipahami mahasiswa sehingga ditengah-tengah acara banyak pertanyaan yang dilontarkan oleh mahasiswa seputaran perubahan iklim dalam politik luar Negeri dan masalah MEA 2015 (Masyarakat Ekonomi ASEAN) yang kerap menjadi perbincangan hangat di setiap Negara.(Hms)