Ikke Damaiyanita Harumkan Nama UNPAB The 2016 Asian Eglish Olympics

  • redaksi   Senin, 29 Februari 2016

Medan-UNPAB: Ikke Damaiyanita, Juara 2 Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional Program Diploma 2015 kembali menorehkan prestasi. Mewakili Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) Medan, di The 2016  Asian English Olympics yang diselenggarakanpada tanggal 16-20 Februari di Universitas Bina Nusantara Jakarta, mahasiswa semester akhir jurusan manajemen ini berhasil melaju ke Semi final dan membawa pulang medali sebagai “The Best Prepared Speech”

ada 7 fields perlombaaan di The 2016 Asian Eglish Olympics, yaitu : Debate, Speech, TV newscasting, story telling, spelling bee, scrable dan short story writing. Adapun field yang diikuti oleh Ikke adalah Speech. Perlombaan speech diikuti oleh 77 kontestan yang berasal dari 10 negara di Asia yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Korea Selatan, India, Bangladesh, Vietnam, Thailand, Hongkong, dan Laos. Penjurian dilakukan oleh para profesional di bidang Speech, yakni Ernest Chen dari Singapura, Dr. Chris Woo dari Brunei Darusalam, Mike Nicholson dari United Kingdom, Sukardi Zhang dari Indonesia, Ratu Gumelar dari Indonesia, dan Nitesh Gianchandani dari Indonesia.

77 kontestan menunjukkan kebolehannya dalam preliminary round 1 dan 2 untuk prepared speech dan delivery speech hingga pada Breaking night diumumkan 32 kontestan terpilih yang melaju ke octofinal untuk exstemporaneous speech. Dari 32 orang ini kemudian terpilih 16 orang untuk melaju ke quarter final dan membawakan humorous speech. Kemudian diumumkan 8 kontestan terpilih untuk melaju ke semi final untuk table topic. Dalam hal ini, Ikke termasuk dalam 8 semi finalist tersebut. Dari semi final terpilih 5 kontestan yang tampil di final day pada tanggal 20 Februari 2016.

Di Final Day, seluruh peserta dan juri berkumpul di Abalove Auditorium, 3rd floor, Bellezza Shopping Arcade untuk final competition, gala dinner dan closing ceremony. Pada saat closing ceremony, diumumkan pula para pemenang di masing-masing fields. Untuk juara speech adalah sebagai berikut :

Champion                                         : Mirosha Somasundram (Malaysia)

1st Runner up                                    : Rick Nard (Indonesia)

2nd Runner up                                   : Denise Galias (Filipina)

The Best Prepared Speech                   : Ikke Damaiyanita (Indonesia)

The Best Humorous Speech                 : Mirosha Somasundram (Malaysia)

The Best high school                           : Denise Galias (Filipina)

“Saya sangat bersyukur karena memiliki kesempatan untuk ikut serta dalam the 2016 Asian English Olympics. Selain mendapatkan banyak sekali pelajaran berharga dari para profesional, saya juga bertemu dan berbagi dengan orang-orang baru yang luar biasa menginspirasi dari negara-negara di Asia. Meskipun kali ini saya harus belajar di Semi final sebagai salah satu dari the Top 8 dan belum berkesempatan tampil di final, saya optimis mampu melakukan yang terbaik di masa yang akan datang. Karena saya yakin bahwa ketidaksempurnaan dan kesalahan hari ini akan menjadi greatest teacher untuk meraih kesuksesan esok hari. Kembali saya juga sangat bersyukur karena mampu membawa pulang satu medali sebagai The Best Prepared Speech, semoga ini akan menjadi motivasi bagi saya untuk terus belajar, berlatih dan berbagi.

Akhirnya, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Universitas pembangunan Panca Budi (Unpab) Medan yang telah mempercayakan saya sebagai perwakilan dalam olimpiade ini dan memberikan saya kesempatan untuk mengembangkan diri. Selanjutnya juga orang tua, para dosen, teman-teman dan guru kehidupan lain yang telah mendukung dan mendoakan saya dalam olimpiade ini.Semoga kepercayaan, doa dan dukungan yang telah diberikan menjadi kebaikan untuk semuanya.