Persatuan Kontraktor Malaysia Siap Kerjasama dengan Unpab

  • redaksi   Jumat, 19 Februari 2016

Medan-UNPAB: Persatuan Kontraktor Melayu Malaysia (PKMM) Negeri Perak Malaysia menyatakan siap bekerjasama dengan Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab). Ini karena Unpab dinilai merupakan universitas cemerlang dan terbaik di Indonesia.

Hal itu ditegaskan Ketua PKMM Negeri Perak, Datuk Wira H Jamaluddin Bin H Abdul Rahim, saat memimpin delegasi Malaysia mengunjungi kampus I Unpab, di Jalan Gatot Subroto km 4,5 Medan, Kamis (18/2). Turut dalam delegasi itu, 50 wartawan dan kontraktor Malaysia. Rombongan delegasi Media Malaysia disambut Rektor I Unpab Ir Bhakti Alamsyah MT, PhD, Rektor III Samrin SE, MM, mewakili pimpinan Perguruan Unpab (Gupab) Hamdan SH, MPd, para dekan, ketua program studi (prodi) dan lembaga di lingkungan Unpab serta pengusaha Sumut Ir Abdullah Amra MH. 

Datuk Wira mengatakan, berbangga Unpab dan Gupab menjadi lembaga pendidikan yang maju kendati hanya dibiayai oleh sebuah yayasan, bukan oleh pemerintah. “Jika di Malaysia, dengan 10 ribu mahasiswa dan siswa, sudah dikategorikan terbaik.  Kami berdoa kepada Allah SWT supaya Unpab dan Gupab lebih jaya pada masa mendatang,” kata pengusaha asal Ipoh Malaysia ini.

Datuk Wira juga menyatakan, akan mengundang anak-anak Malaysia untuk belajar di Unpab dan Gupab. “Panca Budi ini kami percaya dapat membina sumber daya manusia yang bisa diandalkan untuk masa depan,” tandas Datuk Wira seraya mengajak civitas akademika Unpab berkunjung ke Ipoh, Negeri Perak.

Dalam kesempatan itu, Rektor I Unpab Bhakti Alamsyah menyambut baik kehadiran delegasi Media Malaysia di kampus Unpab. Apalagi dalam rombongan ini ada puluhan wartawan media elektronik dan cetak di Malaysia seperti RTM 1 dan RTM 2 (televisi milik pemerintah), TV 3 (sebuah televisi milik swasta terbesar di Malaysia), dan sejumlah suratkabar ternama Malaysia. “Kami bersyukur, media Malaysia menyatakan siap membantu mempromosikan Unpab. Apalagi mulai tahun depan, Unpab sudah mulai menerima mahasiswa asing,” kata Bhakti.

Dalam rangka penerimaan mahasiswa asing itu, katanya, Unpab sudah mendirikan Kantor Urusan Internasional. Hal ini dilakukan untuk peningkatan mutu Unpab. Dan ini seiring dengan pengumuman Kemenristek Dikti baru-baru ini, bahwa Unpab adalah PTS terbaik di Sumut. “Atas dasar reputasi itu, kami memprogramkan ada mahasiswa asing yang kuliah di Unpab. Bukan hanya dari Malaysia, tapi juga dari Negara lainnya. Saat ini ada satu orang warga Australia yang kuliah di Fakultas Agama Islam (FAI) Unpab,” tutur mantan Dekan Fakultas Teknik (FT) Unpab ini.  

Dia menjelaskan, sebelumnya Unpab sudah menjalin kerjasama dengan Universiti Sains Malaysia (USM) untuk membuka kelas internasional. Kelas internasional dengan menggunakan E-Learning itu sudah berjalan setahun. “Pembukaan kelas internasional ini sebagai upaya Unpab menuju World Class University atau universitas berkelas dunia pada tahun 2023,” ujar peraih dokor  teknik dari USM Pulau Penang Malaysia ini.

Di penghujung kunjungan yang berlangsung penuh keakraban itu, Datuk Wira H Jamaluddin berjanji menyerahkan bantuan untuk mahasiswa dan siswa Panca Budi yang kurang berkemampuan secara ekonomi.  (  Hms )