Rektor Unpab Dampingi Parlindungan Purba Pimpin MKI Sumut

  • redaksi   Sabtu, 30 Januari 2016

Medan-UNPAB:Rektor Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) Dr HM Isa Indrawan SE, MM dipercayakan mendampingi Parlindungan Purba SH, MM memimpin Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) Sumatera Utara (Sumut) periode 2016-2019, pada Musyawarah Daerah (Musda) II.

Dalam Musda MKI Sumut yang digelar di Ruang Seminar Gedung A Unpab, Jalan Gatot Subroto km 4,5 Medan, Kamis (28/1) sore itu, Parlindungan Purba dan Isa Indrawan terpilih secara aklamasi sebagai Ketua dan Sekretaris MKI Sumut masa bakti tiga tahun ke depan.

Peserta Musda yang terdiri dari kalangan akademisi, pengamat bidang ketenagalistrikan, para kontraktor listrik, PLN,dan  jajaran pengembang pembangkit listrik itu, juga memilih Surya Tarmizi Kasim sebagai wakil ketua MKI Sumut, Syahrial Harahap sebagai bendahara dan Jadiman Purba sebagai anggota formatur.

Parlindungan Purba seusai pemilihan mengatakan, kepengurusan lengkap MKI Sumut periode tiga tahun ke depan akan dilantik Ketua Umum MKI pada Februari mendatang.

Parlindungan yang juga Ketua Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI menjelaskan, MKI terbentuk sesuai dengan amanat Undang-undang tentang Kelistrikan yang bertujuan untuk memberikan pertimbangan-pertimbangan dan masukan dalam pengembangan ketenagalistrikan di Indonesia.

Sesuai dengan tema Musda II, Parlindungan mendorong upaya mewujudkan kemandirian energi dan menyukseskan program penyediaan 35 ribu Mega Watt (MW) listrik guna mengatasi pemadaman bergilir dan mengaliri 300 desa di Sumut yang belum tersentuh listrik.

“MKI mendesak pemerintah agar program lebih 300 desa yang belum dialiri listrik di Sumut dapat dituntaskan paling lama 2019. Cukup lama bila lima tahun lagi. Kita minta paling lama tiga tahun ke depan 100 persen desa di Sumut sudah dialiri listrik,” tandas Parlindungan.

Parlindungan juga berharap, PLN dapat meminimalisasi  pemadaman bergilir yang masih terjadi di Sumut. Jika PLN punya 2.000 MW, mestinya ada cadangan 40 persen, karena mesin-mesin pembangit di Sumut sudah berusia tua.

“Karena itu, kita minta agar pemerintah pusat mengalokasikan dana pembangunan pembangkit-pembangkit baru, dengan mengembangkan energi terbarukan,” tegasnya.

Sebelumnya, Rektor Unpab HM Isa Indrawan yang juga ketua panitia Musda II MKI Sumut mengatakan, infrastruktur Sumut khususnya listrik masih bermasalah. Padahal, Sumut memiliki sumber energi terbarukan yang melimpah.

“Sumut mulai dari atas  hingga bawah tersedia energi terbarukan. Di bawah tanah ada panas bumi, di dalam tanah ada air, dan di udara ada tenaga angin dan surya. Jadi di Sumut ini punya energi terbarukan yang komplet. Tinggal bagaimana mendayagunakannya agar bermanfaat mengatasi krisis listrik di Sumut,” kata Isa.

Dia pun menyampaikan terimakasih kepada MKI Sumut yang memberikan mandat kepada Unpab untuk menjadi tuan rumah Musda kedua.

Isa Indrawan juga menegaskan, pemenuhan energi listrik bukan hanya tanggung jawab PLN, tapi juga masyarakat. “MKI lahir untuk memberikan pemikiran dan masukan kepada pemerintah dalam pemenuhan energi listrik,” tuturnya.

Hadir dalam Musda II MKI Sumut itu, Rektor I Unpab Ir Bhkati Alamsyah MT, PhD, Direktur Program Pascasarjana Unpab Drs H Kasim Siyo MSi, PhD, Dekan Fakultas Teknik Unpab Sri Shindi Indira ST, MSc  , Ka. Prodi Teknik Elektro Solly Aryza ST, MEng , Dosen dan Pegawai Unpab. ( Hms )