Target UNPAB Capai Akreditasi A Untuk 3 Program Studi di Tahun 2018

  • redaksi   Rabu, 25 Nopember 2015

Medan-UNPAB: Ir.Marahadi Siregar, M.P Ka. BPA Universitas pembangunan Panca Budi (Unpab) Medan, hadir dalam kegiatan Rapat Koordinasi dan Singkronisasi Regional Tahun 2015 dengan tema “ Harmonisasi dan Singkonisasi Sistem Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi dalam Rangka Mewujudkan Budaya Mutu Pendidikan Tinggi” yang diselenggarakan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) baru-baru ini. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut diadakan di Best Western Bogor Icon Hotel Jl. Raya baru no. I, Bukit Cimanggu City, Bogor Utara, Jawa Barat dan diikuti oleh seluruh Peruruan Tinggi di lingkungan Kopertis Wilayah IX .

Rapat Koordinasi ini dimaksudkan untuk mengantisispasi dan menindaklanjuti perubahan berbagai produk Peraturan Menteri, mengantisipasi berbagai pelanggaran peraturan penyelenggaraan pendidikan tinggi, dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sedang melakukan peyusunan naskah akademik sistem akreditasi nasional pendidikan tinggi, revisi terhadap perangkat akreditasi program studi dan institusi perguruan tinggi serta menyusun program studi dan institusi perguruan tinggi baru, dan menyusun naskah akademik dan perangkat akreditasi pendidrian lembaga akreditasi mandiri, serta menyiapkan pokok-pokok pikiran dasar pembinanan dan penutupan program studi dan/atau institusi perguruan tinggi.   

Ir.Marahadi Siregar saat ditemui  wartawan kampus mengatakan, dalam kegiatan tersebut juga disampaikan berbagai informasi kebijakan mutakhir dan isu strategis terkait dengan sistem penjaminan mutu dan sistem akreditasi nasional perguruan tinggi dimana akan ada perubahan dari 7 standart  menjadi 9 standart dan dari  100 butir borang menjadi 120 butir borang .

Tentunya kegiatan ini sangat bermanfaat bagi Universitas Pembangunan Panca Budi dalam  persiapan penyusunan borang dan persiapan UNPAB menuju akreditasi A untuk ketiga program studi pada tahun 2018. Mendengar apa yang disampaikan dalam kegiatan tersebut Unpab sudah termasuk salah satu perguruan Tinggi yang sudah 60 % menyikapi perubahan  kebijakan yang ada, namun hal tersebut tidak menjadikan Unpab berleha-leha dan tetap berusaha meningkatkan kualitas dengan penguatan SDM dan Dosen dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi . (HMS)