UNPAB Adakan Pelatihan PEKERTI dan AA

  • redaksi   Selasa, 25 Agustus 2015

Medan-UNPAB:   Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) Medan, Sumatera Utara (Sumut), untuk pertama kalinya mengadakan Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional dan Applied Approach atau (PEKERTI-AA ) untuk dosen di Unpab pada 24 hingga 26 Agustus 2015 bertempat di Gedung D ruang Perpustakaan Kampus panca Budi Jl. Gatot Subroto Km 4,5 Medan.

" Pelatihan Pekerti kali ini terasa sangat spesial karena narasumber yang sangat berkualitas yakni Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd secara langsung hadir mengisi kegiatan ini dan sekaligus akan melakukan penandatanganan MoU (Memorandum Of Understanding) antara Unpab dengan Unimed. " kata rektor Unpab Dr. H. M. Isa Indrawan, SE., MM, Senin (24/8).

Ia mengatakan pelatihan pekerti ini merupakan yang pertama dilaksanakan pada 2015 yang dikoordinir oleh Rektor II Bidang Sumberdaya Manusia (SDM) Universitas pembangunanan Panca Budi Dra. Hj. Irma Fatmawati SH., M.Hum hal ini mengacu pada peningkatan kualitas SDM.

Pada pekerti kali ini sebagian besar merupakan dosen tetap Unpab ditambah dosen tidak tetap. Total dosen yang mengikuti pelatihan pekerti ini yakni sebanyak 70 orang selain dosen juga hadir dalam pelatihan tersebut para pejabat Unpab lainnya.

Rektor Unpab menyebutkan pelatihan ini dilaksanakan selama tiga hari.Selama tiga hari itu, peserta mengikuti berbagai pelatihan dan pendalaman materi dari lima narasumber dari Unimed yakni Prof. Dr. Abdul Hamid, M.Pd, Prof. Dr Efendi Napitupulu, M.Pd, Prof. Dr. Julaga Situmorang, M.Pd, Prof. Dr. Silman dan Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd.

Antara lain materi yang dibahas dalam pelatihan tersebut adalah  Issu Strategis Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi, Paradigma Baru Pembelajaran dan Implementasinya dalam Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi, Pengembangan Kurikulum KKNI di perguruan Tinggi, Komunikasi Dalam Pembelajaran dan materi lain yang berkaitan dengan SOP mengajar.  

Sementara itu, Rektor Unpab mengatakan pelatihan seperti pekerti ini sangat penting bagi peningkatan kualitas dosen. Terutama dalam menghasilkan sumber daya mahasiswa yang andal dan memiliki daya saing tinggi,  Selain itu Rektor juga berharap para dosen bisa menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi guna membangun komunikasi dengan mahasiswa maupun sesama sivitas akademika..

Sejauh ini banyak dosen di berbagai universitas yang hanya bisa mengajar tanpa tahu cara mengembangkan pemikirannya. Akibatnya banyak mahasiswa yang lulus tidak memiliki kualitas dan kompetensi yang mumpuni.

"Maka jelas proses pembelajaran yang ditempuh dosen berpengaruh pada kualitas mahasiswa didikannya," katanya. (Hms)