Unpab Buka Puasa Bersama Masyarakat Sekitar Kampus II

  • redaksi   Senin, 06 Juli 2015

Medan-UNPAB: Civitas akademika Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) Medan berbuka puasa bersama masyarakat sekitar kampus II, Jalan Timor  No 27 D Medan, Kamis (2/7). Buka puasa bersama ditandai dengan pemberian tali asih kepada mewakili lintas etnis dan warga kurang mampu se-Kecamatan Medan Timur.

Hadir dalam buka puasa bersama itu, Rektor Unpab Dr HM Isa Indrawan SE, MM diwakili Rektor I Drs H Kasim Siyo MSi, PhD, Rektor II Dra Hj Irma Fatmawati SH, MH, Rektor III Samrin SE, MM, para dekan, ketua program studi (prodi), dosen, mahasiswa dan staf di lingkungan Unpab.

Juga hadir Camat Medan Timur Drs Parulian Pasaribu MSi, Sekcam Noor Alfi Pane, Kapolsek Medan Timur  Kompol Sisca Ginting, Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut diwakili Drs Ahmad Basri, mewakili Palang Merah Indonesia (PMI), para Lurah se-Kecamatan Medan Timur dan tokoh-tokoh lintas etnis se-Kecamatan Medan Timur.

Rektor I Unpab H Kasim Siyo dalam sambutannya mengatakan, kampus II Unpab merupakan pengembangan kampus I yang terletak di Jalan Gatot Subroto km 4,5 Medan.

Gedung kampus II Unpab, katanya, sebelumnya merupakan Rumah Sakit Melati. Namun setelah dilakukan renovasi, kampus II diresmikan pemakaiannya sejak 18 Maret 2015 lalu. Dan mulai tahun akademik 2015 ini siap menampung mahasiswa baru program S1 dan S2.

“Gedung ini merupakan aset Yayasan Prof Dr H Kadirun Yahya. Seperti halnya kampus I di Jalan Binjai, kampus II diharapkan bermanfaat untuk masyarakat. Kami membangun kampus II untuk mendekatkan pelayanan Unpab kepada masyarakat Kecamatan Medan Timur dan sekitarnya. Masyarakat di kawasan ini tak perlu lagi kuliah jauh-jauh karena menghasbiskan ongkos dan waktu,” kata Kasim.

Soal kualitas pendidikan, kata Kasim, masyarakat tidak perlu ragu. Karena Unpab sudah memperoleh akreditasi institusi perguruan tinggi (AIPT) predikat B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Begitu juga 13 prodi yang ada di tujuh fakultas dan program pascasarjana, semuanya terakreditasi B. “Alhamdulillah, Unpab yang pertama memperoleh akreditasi institusi dari BAN-PT di Sumut,” kata mantan Asisten II Ekbang Pemprovsu ini.

Bagi mahasiswa dari keluarga miskin, tambah Kasim Siyo, tetap terbuka kesempatan mengecap pendidikan tinggi, karena di Unpab ada Beasiswa Bidikmisi dan Beasiswa Yayasan Prof H Kadirun Yahya. Bagi yang berprestasi juga ada beasiswa lainnya dari pemerintah dan mitra kerja Unpab.

“Jadi kampus II Unpab di Jalan Timor ini merupakan aset masyarakat. Kami serahkan kampus ini melalui Pak Camat dan para Lurah kepada masyarakat untuk pengembangannya,” tegas Rektor I Unpab ini.

Dalam kesempatan itu, Camat Medan Timur Parulian Pasaribu menyampaikan selamat datang atas kehadiran kampus II Unpab di Medan Timur. Camat juga menyampaikan termakasih dan penghargaan kepada Yayasan Prof H Kadirun Yahya yang membangun kampus di Kecamatan Timur.

“Dengan kehadiran kampus ini, akan memudahkan masyarakat melanjutkan pendidikan tinggi. Karenanya, saya ajak lurah, kepling, dan tokoh lintas etnis Kecamatan Medan Timur untuk mengajak masyarakat memajukan kampus ini,” tutur camat.

Ustadz Puzi Rahmadi MA dalam tausiyahnya mengatakan, Ramadan adalah syahrut tarbiyah atau bulan pengkaderan. Berpuasa di bulan Ramadan akan mencetak manusia berdisiplin, beretos kerja tinggi, dan membuat makin giat beribadah kepada Allah SWT.

“Dengan puasa, membuat kita disiplin karena harus bangun pada dinihari untuk sahur, dan berbuka tepat di waktunya. Dengan disiplin itu pula, akan meningkat etos kerja dan giat melaksanakan ibadah,” kata dosen Unpab ini.

Di penghujung acara, civitas akademika Unpab menyerahkan tali asih kepada kaum duafa yang ada di kelurahan se-Kecamatan Timur dan seorang mahasiswa Unpab muallaf, Muhammad Ihsan Damanik