Universitas Pembangunan Panca Budi Jadi Kelas Dunia pada 2019

  • redaksi   Rabu, 13 Mei 2015

Medan-UNPAB: Empat tahun kedepan, pada 2019, Universitas pembangunan Panca Budi (Unpab) yang beralokasi di jalan Jendral Gatot Subroto Km 4,5 Seisikambing, Medan, Sumatera Utara, menargetkan jadi Universitas berkelas dunia dengan akreditasi A.

Rektor Unpab Dr. H. M Isa Indrawan, SE, MM mengemukakan peluang Unpab menuju universitas berkelas dunia terbuka lebar. Pasalnya, pertumbuhan Program studi Unpab satu-satunya terakreditasi B. “ Ada tiga universitas terkareditasi B di Medan, dua negeri dan salah satunya kami,” katanya kepada Bandara belum lama ini.

Menurut Isa, Unpab merupakan salah satu Universitas tertua di Sumut. “ Dulu, diawali dengan sekitar lima ratus mahasiswa. Sekarang tumuh menjadi tujuh ribu,” katanya seraya menambahkan atas pertumbuhan itulah Unpab akan menambah jumlah kampus menjadi tiga tempat.

Untuk mencapai kelas dunia itu, lanjut Isa, dalam empat tahun ini strategis pendidikan terus digenjot. Begitupun jalinan kerjasama diperluas. Misalnya, Unpab bekerjasama dengan 23 Universitas dari berbagai Negara ASEAN, Asia, Eropa dan Amerika. Salah satunya adalah California University. Cakupan kerja sama meliputi pelatihan pendidikan, hingga penelitian.

Selain strategi pendidikan dimaksud, calon mahasiswa juga diseleksi dengan tes potensi. “ Di sini calon mahaiswa diarahkan untuk melihat minat yang sesuai dengan dirinya, “ kata Isa

Tes potensi ini sudah berjalan selama lima tahun. “ Tujuannya agar mahasiswa ketika lulus dapat berkarya dan berfrofesi sesuai ilmu yang diperoleh,” jelasnya.