Dalam Rangka Kembangkan UKM Centre Panca Budi Mahasiswa FE UNPAB Adakan Diskusi Ilmiah Neuro Entre Preneurship

  • admin   Selasa, 14 Juni 2011

 
 
Era globalisasi, modernisasi dan akulturasi yang terjadi sekarang ini membawa perubahan secara psikologis, maupun sosiologis, selain berdampak positif juga negative, terjadi perubahan paradigma dan pandangan pada individu dan masyarakat yang senantiasa membuahkan berbagai persoalan. Banyak orang yang mengalami frustasi dalam menjalani hidup, walaupun kehidupan justru menawarkan begitu banyak pilihan untuk merasakan kebahagiaan dan kesuksesan. Tetapi yang menjadi pertanyaannya, sudahkah kita benar-benar memilih untuk menjadi bahagia dan sukses? Banyak sarjana menganggur yang pada akhirnya stress. Sebenarnya apa dan siapa yang salah, belum jelas, tapi pendidikan seringkali dijadikan kambing hitam oleh mereka yang yakin bahwa proses pembentukan prilaku salah satunya melalui pendidikan. Prosesnya itulah harus menjadi bahan essensial untuk terus direfleksikan, sehingga pendidikan memperoleh produk yang yang bermakna, keluarannya memiliki identitas dan karakter yang kokoh, sehingga masyarakat madani (civil society) bisa tercapai.

Berdasarkan pengalaman para ahli organisasi telah membuktikan bahwa metode Neuro Linguistik Program (NLP) sangat cocok dan berpengaruh secara signifikan dalam mengenalkan dan menanamkan nilai-nilai tertentu. Dengan metode NLP inilah diharapkan sebuah diskusi Ilmiah yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi UNPAB dalam menumbuh kembangkan entrepreneur muda lewat program UKM Centre Panca Budi dilaksankan. Dalam kegiatan ini diharapkan juga dapat membuat sumberdaya manusia yang mampu menemukan kekuatan, kelemahan, peluang, tantangan, dan strategi pengembangan dirinya, mampu melaksanakan dan mempunyai sikap tertentu sesuai dengan apa yang menjadi tujuan dari diskusi ilmiah enterpreneur ini yaitu menghasilkan  Mahasiwa sebagai calon sarjana yang  dibekali dengan berbagai keterampilan hidup (life skill) khususnya dalam pengembangan jiwa kewirausahaan (entrepreneurship), sehingga dapat menciptakan lapangan kerja secara financial, bahkan menuju kekayaan tanpa batas. Dalam mengembangkan UKM Centre Panca Budi, Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Panca Budi melaksanakan diskusi ilmiah, sebagai salah satu usaha untuk memicu pola pikir mahasiswa khususnya dalam menganalisa Entrepreneurship dengan tema : "Siapa Bilang Mahasiswa Tidak bisa Pengusaha Kelas Dunia” pada tanggal 30 Mei 2011 Selain itu kegiatan ini diharapkan dapat memberikan konstribusi dalam proses pembelajaran pada mata kuliah kewirausahaan dan berkembangnya UKM Centre yang baru dibentuk di UNPAB.
 
Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama Fakultas Ekonomi bersama PT.Bank Mandiri, PT FBI dan Entrebuss Indonesia dalam mengembangkan UKM centre Panca Budi, selain itu minat dan kemauan dari civitas akademika sendiri seperti Bapak Dekan FE UNPAB Muhamad Toyib Daulay sebagai Ketua UKM Centre Panca Budi dan Bapak Eko Wahyu Widayat, S.Si.,M.M, kiranya dapat membimbing mahasiswa melalui pengalamannya. Beliau di samping sebagai Dosen FE UNPAB, juga sebagai Direktur Entrebuss Indonesia, dan wakil ketua UKM Centre Panca Budi. Dalam kegiatan ini dihadirkan juga Finalis Wirausahawan Muda Mandiri 2010, Muhammad Ichsan ST, serta beberapa saran dan motivasi dari Bank Mandiri dan Direktur PT FBI, Diakhir Acara diskusi terlihat Bapak Dekan Fakultas Ekonomi  foto bersama setelah acara selesai, mulai dari kiri : Anggi Pratama SE, (Adm FE UNPAB), Abd Hasyim BB,SE., Ak., MM.(Dosen FE UNPAB),  Muhamad Toyib Daulay, SE.,MM, (Dekan FE UNPAB)  Benyamin  L. Luntungan (Deputy Manager Regional Bank Mandiri), Eko Wahyu Widayat, S.Si.,MM. (Dosen FE UNPAB/Direktur Entrebuss Indosenesia), Mula P. Sitinjak (dari Bank Mandiri), Renny Maisyarah SE. Ak.,M.Si (Dosen FE UNPAB), M.Ichsan ST, (Finalis Wirausahawan muda Mandiri 2010), Ari Handojo ( Direktur PT.FBI)