Student Advisory Center (SAC) UNPAB Melaksanakan Pelatihan Manajemen Diri Kepada Mahasiswa

  • admin   Kamis, 12 Mei 2011

Hasil tes potensi akademik mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi yang dilaksanakan pada tahun 2009 dan 2010 menunjukan tingkat kemampuan mahasiswa UNPAB dalam memanajemen diri masih rendah. Disadari bahwa rendahnya kemampuan mahasiswa dalam memanajemen dirinya akan berdampak pada sulitnya mahasiswa UNPAB menentukan tujuan hidupnya yang juga berpengaruh pada gaya belajar dan motivasinya untuk berprestasi pada proses belajar dan mengajar.
UNPAB melalui biro Student Advisory Center (SAC) akan melaksanakan pelatihan manajemen diri bagi mahasiswa.
Pelatihan manajemen diri dengan tema Kiat Sukses merencanakan masa depan ini dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 23 April 2011 di kampus UNPAB. Sebelum kegiatan ini dilaksanakan, SAC terlebih dahulu mensosialisasikan program ini kepada seluruh ketua program studi, dan sosialisasi telah dilaksanakan pada hari senin tanggal 11 April 2011 dimana pada saat sosialisasi kegiatan ini mendapat dukungan dari seluruh ketua program studi. Jumlah mahasiswa yang diutus sejumlah 48 orang perwakilan dari semua program studi di UNPAB. Kegiatan diawali dengan acara ceremonial pembukaan pembukaan dan laporan ketua panitia kepada Rektor UNPAB, dan acara pelatihan dibuka secara resmi oleh Rektor III Bapak Riadiono, SH, MH. Pemateri pelatihan manajemen diri ini adalah Psikolog yang telah melakukan tes Potensi Akademik kepada peserta pada saat awal masuk kuliah, yakni Ibu Rahmadani Hidayatin dan
dibantu oleh 10 fasilitator yang terdiri dari mahasiswa senioran dari anggota Badan Eksekutif Mahsiswa (BEM) UNPAB. Sebelum pemaparan materi dan simulasi dari narasumber dan fasilitator, seluruh peserta terlebih dahulu menyepakati peraturan pelatihan yang mereka susun sendiri secara bersama yang dibantu oelh fasilitator.
Dengan dilaksanakannya pelatihan Manajemen diri ini, mahasiswa bertambah wawasannya terutama mengenai bagaimana mengatur waktu dengan baik sebagai salah satu kunci sukses memanajemen diri.

Al-Furqon