PULUHAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI IKUTI DISKUSI ILMIAH DAN BEDAH BUKU

  • admin   Rabu, 11 Mei 2011

Puluhan mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Pembangunan Panca Budi mengikuti diskusi ilmiah dan bedah buku berjudul praktek akuntansi perbankan karangan R. Mintardjo Selasa (3/5/11) jam 8.30 WIB di ruang seminar gedung A,
kampus Panca Budi. Kedua narasumber pembedah buku tersebut yang juga Dosen Fakultas Ekonomi
UNPAB, Yossie Rossanty, SE,. MM, dan Pipit Buana Sari, SE,. MM. Hadir juga perwakilan dari penerbit Erlangga.Dalam diskusi tersebut hadir juga Dekan Fakultas Ekonomi UNPAB, Bpk. M Toyib Daulay SE., MM didampingi dosen senior Fakultas Ekonomi UNPAB, Drs. Mulkanddin, MM, juga Bpk. Rektor I, Samrin,SE., MM dan Drs. H. Indrajaya Lubis.
Menurut paparan dari wanita berambut pendek melengkung dan berkulit putih Pipit  Buana Sari, materi buku tersebut sudah cukup baik menjadi referensi informasi mahasiswa sebagai tahap pemula mempelajari akuntansi di tengah sulitnya ditemukan buku sejenis.
Pentingnya diskusi seperti ini dinilai membawa mahasiswa lebih dekat dengan dunia perbankan. Terutama sistem transaksinya yang dinilai asing. Pada kesempatan ini dipaparkan juga sedikit informasi perkembangan perbankan pasca deregulasi yang membebaskan bank swasta menetapkan suku bunga deposito dan pasca pakto 88 sebagai tindak lanjut deregulasi yang menertibkan perbankan tahun 1983 hingga masa sekarang. Pemaparan bedah buku yang diketahui diterbitkan oleh penerbit Erlangga juga dibahas melalui metode interaktif.
Mahasiswa yang mengenakan jas almamater UNPAB berwarna kuning cerah antusias mengikuti sesi-demi sesi yang disampaikan Master of Seremoni (MC). Apalagi guyonan segar yang dicuatkan oleh Bpk. Abdul Hasyim SE, yang ketika itu bertindak sebagai moderator.
Beberapa mahasiswa yang menanyakan seputar kasus hangat saat ini, pembobolan salah satu bank swasta oleh mantan karyawannya dan prilaku melawan hukum yang dilakukan debt collector terhadap salah seorang nasabahnya, dikemukakan oleh Pipit, hal itu adanya pelanggaran dalam praktek pelayanan bank dikarenakan oknum-oknum yang menyalahgunakan wewenang dan kepercayaan nasabah, demikian dikatakan dosen muda pemilik senyum manis dengan lesung pipitnya.
Diskusi interaktif yang hangat dibawakan sang moderator berkhas dengan guyonannya membuat siapapun akrab padanya diakhiri jam 11.00 WIB tepat. Selanjutnya sesi yang lebih menarik yaitu diskusi dan sharing antar mahasiswa yang dikelompokkan berdasarkan tempat duduknya.
Usai dikusi ilmiah yang diselingi tawa oleh sebab ulah jenaka Pak Hasyim, dosen Fakultas Ekonomi itu, selanjutnya UNPAB yang diwakili Dekan Fakultas Ekonomi, Bpk M. Toyyib Daulay SE,. MM menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan penerbit  Erlangga dan acara terakhir berfoto bersama.
Sebelumnya, perwakilan dari penerbit Erlangga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada UNPAB atas atensi dan kerjasamanya mensukseskan minat baca dan memakai produk dari penerbit Erlangga.