Perpustakaan Panca Budi Dorong Minat Baca Melalui Pelatihan Metode Baca Cepat

  • admin   Senin, 27 April 2010

Perpustakaan Panca Budi Medan bekerja sama dengan Lembaga Profesi Universitas Pembangunan Panca Budi mengadakan acara Pelatihan Metode Baca Cepat (Speed Reading) bersama Pelajar Perguruan Panca Budi dan Mahasiswa Unpab di ruang Multimedia Kampus Panca Budi Jl. Jend. Gatot Subroto Km. 4,5 Medan. Sabtu (24/4).

Kepala Perpustakaan Panca Budi Aswin, ST dalam sambutannya mengatakan Sudah umum diketahui bahwa minat membaca masyarakat Indonesia sangat rendah dibanding dengan negara-negara maju lainnya. Semakin maju sebuah negara berkorelasi dengan tingkat minat baca masyarakatnya begitu pun dengan kalangan intelektualnya dalam mengembangkan ilmu pengetahuan Salah satu penyebab rendahnya minat baca pada masyarakat kita terutama pada pelajar dan mahasiswa adalah tidak memahami bagaimana cara membaca yang efektif dan efisien. Diperlukan sebuah keterampilan khusus agar mudah membaca buku dan memahaminya dengan cepat. Metode Baca Cepat (Speed Reading) adalah salah satu solusi untuk membangkitkan kembali minat membaca Jika sebuah buku mudah dibaca dan dipahami tentunya gairah membaca akan tumbuh dengan baik. Metode reading with mind maping ini metode yang baru diperkenalkan di Indonesia dan terbukti efektif dan efisien dalam menguasai dan memahami buku dalam waktu yang sangat singkat.

Atas dasar realitas problema itulah maka perpustakaan Panca Budi Medan mengadakan kegiatan Pelatihan Metode Baca Cepat (Speed Reading) bagi para pemustaka dan Kegiatan ini merupakan program kerja Perpustakaan dalam pengembangan Minat baca masyarakat khususnya civitas akademika Panca Budi.

Indrawan H. Siregar Direktur Lembaga Profesi Unpab tampil sebagai nara sumber dalam pelatihan Metode Baca Cepat (Speed Reading) kali ini. Pelajar dan mahasiswa diajarkan bagaimana menggunakan fungsi otak dalam proses membaca buku disamping meningkatkan kemampuan fungsi otak kanan dan kiri dalam menerapkan mind map (peta pikiran) dalam menjalankan teknik membaca yang cepat dan efektif.

Menurut Indrawan jika kita menggunakan otak kanan dan kiri seimbang maka kemampuan untuk menggali potensi diri akan maksimal. Ini diperlukan di dunia pendidikan, khususnya bagi Pelajar dan mahasiswa sebagai agent of change di dalam dunia pendidikan. Sesuai dengan moto dalam pelatihan kali ini “Today A Reader, Tomorrow A Leader”.

Peserta pelatihan diajarkan secara langsung melalui praktek bagaimana cara membaca buku yang efektif dan efisien. Peserta dibagi menjadi tiga kelompok dan diberi buku dengan judul yang sama dan diberi metode membaca cepat dengan mind map dalam waktu singkat.

Peserta pelatihan sangat antusias dengan metode yang diberikan apalagi pelatihan kali ini dikemas dengan sangat interaktif. Peserta pelatihan diberikan kesempatan untuk menanyakan secara langsung permasalahan yang sering mereka hadapi dalam hal membaca buku.

Salah satu peserta, Atika mengatakan dengan mengikuti pelatihan ini dia mendapat pengetahuan baru bagaimana cara membaca buku dengan cepat dan memahaminya dan dia berharap agar pengetahuan semacam ini bisa disebarluaskan pada kalangan yang lebih luas.

Kepala Perpustakaan Panca Budi Aswin, ST menyambut positif atas tanggapan dari peserta namun dia berpesan setelah metode membaca dikuasai harus ditingkatkan dengan kemampuan menulis sebab membaca dan menulis adalah bagian yang saling terikat. Perpustakaan Panca Budi sendiri memiliki wadah pengembangan bagi peserta yang berminat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis melalui Klub Baca Perpustakaan Panca Budi.


google