Kuliah Umum Fakultas Filsafat UNPAB Dengan Tema Hakikat Manusia Yang Paripurna

  • admin   Sabtu, 23 Februari 2010

 Fakultas Filsafat Universitas Pembangunan Panca Budi Medan (Unpab) mengadakan kegiatan kuliah umum pada mahasiswa Fakultas Filsafat Unpab yang diadakan di Ruang Seminar, Minggu (21/2) di Gedung H Lt. I Komplek Kampus Panca Budi Jl. Jend. Gatot Subroto Km. 4,5 Medan.

Dihadiri sekitar 150 peserta dari mahasiswa dan dosen serta praktisi pendidikan di lingkungan Kampus Panca Budi dengan Tema “ Hakikat Manusia yang Paripurna” Program ini bertujuan untuk mensinkronkan antara teori yang telah diperoleh dengan kenyataan yang relevan. Selain itu pula ditujukan untuk membangun dan melembagakan sistem kerjasama antara prodi Ilmu filsafat dengan stakeholders.

Acara kuliah umum ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fak Filsafat, M. Kamil SAg. Dalam sambutannya mengatakan bahwa kuliah umum ini merupakan program Renstra Fakultas Filsafat tahun 2010 juga bisa menambah wawasan keilmuan mahasiswa terutama yang akan melakukan riset serta penulisan karya ilmiah dan sebagai dasar motivasi bagi mahasiswa dalam meriset dan membuktikan Kedahsyatan Thriqatullah Ajaran Yml Ayahanda Guru Agar mahasiswa yakin bahwa tasawuf dan Thariqatullah itulah yang merupakan benteng ketahanan mental spiritual umat Islam yang Maha Dahsyat yang bersumber dari enerji metafisika Ketuhanan yang murni dan Maha Akbar yang disalurkan melalui metodologi dahsyat dalam Teknologi Metafisika Al Quran

Dalam kuliah umum kali ini Fakultas Filsafat Universitas Pembangunan Panca Budi Medan (Unpab) menghadirkan Prof. Dr. H. Djamaan Nur yang tampil sebagai nara sumber yang juga selaku Guru Besar dari IAIN Raden Fatah Palembang dan Bengkulu. Dalam uraiannya dia menjelaskan bahwa hakikat manusia terletak pada rohnya. Dimana hati yang suci dan bersih adalah hati yang sudah ditanami oleh kalimah-kalimah Allah (Zikrullah) yang teraplikasi dalam perbuatan nyata yang melahirkan perbuatan-perbuatan yang diridhoi Allah (Akhlakul karimah). Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa hendaknya menanamkan makna zikrullah ini ke dalam hati sanubarinya disertai dengan amal nyata sehingga bisa membawa bangsa dan negara ke arah yang lebih positif dan bisa melahirkan tindakan-tindakan yang lebih produktif di dalam kehidupannya sebagai makna pendefenisian dari indahnya hubungan dengan Allah (hablumminalallah) dan hubungan dengan manusia (hablun minannas).

Kegiatan kuliah umum ini berlangsung secara terbuka dengan dialog interaktif. Nara sumber dan peserta terlibat langsung dengan kajian-kajian yang dipaparkan dimana para peserta turut memberikan pertanyaan terhadap materi yang disampaikan.

Minun Abdullah, S.Pd.I selaku koordinator kuliah umum kali ini yang juga PD I Fakultas Filsafat Unpab mengatakan kegiatan sangat berguna diikuti oleh mahasiswa terutama bagi mahasiswa filsafat untuk menambah wawasan dan kajian yang lebih mendalam dalam mata kuliah metafisika eksakta dan teknologi Al quran.

Senada yang dijelaskan oleh Minun salah seorang peserta kuliah umum Suprian mahasiswa Fakultas Filsafat mengaku sangat gembira dengan kuliah umum yang diikutinya kali ini. Dimana dia merasa pengetahuannya bertambah dalam memahami tentang hakikat manusia melalui pembahasan pentingnya pengamalan zikrullah guna mengungkapkan hakikat kemanusian itu sendiri, demikian jelasnya.

Kuliah umum seperti ini akan terus dilanjutkan ke bidang kajian-kajian filsafat yang lebih lanjut dengan menghadirkan nara sumber yang kompeten dibidangnya guna meningkatkan kualitas kuliah umum ke depannya, demikian dijelaskan Minun Abdullah.


google,sepakbola