Sang Founder
Prof. Dr. H. Kadirun Yahya

Pendiri Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB), Prof. Dr. H. Kadirun Yahya, lahir di Pangkalan Brandan, Sumatera Utara, 20 Juni 1917. Beliau adalah seorang tokoh di dunia pendidikan, dan ulama tasawuf atau tokoh sufi kharismatik dari Indonesia, yang sekaligus memiliki banyak peran dan jasa bagi bangsa, negara, serta umat manusia.

Prof. Dr. H. Kadirun Yahya merupakan ilmuwan sekaligus ulama tasawuf yang dinilai berhasil memadukan antara agama dan iptek dalam pemikiran yang disebutnya sebagai "Teknologi Metafisika Al-Qur'an". Beliau banyak membuat tulisan ilmiah, serta menjadi pemakalah dan pembicara dalam berbagai forum ilmiah.

Pemikiran, sosok kepribadian, dan pola dakwah Prof. Dr. H. Kadirun Yahya yang unik dan berbeda dengan ulama-ulama pada umumnya, juga telah banyak diteliti dan ditulis para akademisi, peneliti, dan penulis, baik dari Indonesia maupun luar negeri.

 

Semasa hidup founding father UNPAB, Prof. Dr. H. Kadirun Yahya, setiap tahunnya putra-putri dan murid-murid Beliau mengungkapkan rasa syukur di hari ulang tahun Beliau dengan kegiatan peringatan kelahiran yang dikenal dengan sebutan Hari Guru, yang di Malayisa lazim disebut dengan isitilah Hari Keputeraan.

Setelah Prof. Dr. H. Kadirun Yahya berpulang ke Rahmatullah pada tahun 2001, tradisi memperingati hari kelahiran Beliau tetap diteruskan, dalam rangka mengambil hikmah, serta mengenang jasa dan peran Beliau bagi keluarga, bagi jamaah tarekat Naqsyabandiah Al-Khalidiyah, bagi bangsa dan negara, serta bagi umat manusia. Selengkapnya ...

 
SEMINAR INTERNASIONAL
25 Juni 2022

Prof. Dr. H. Kadirun Yahya, adalah salah seorang ilmuwan sekaligus ulama di Indonesia yang mempelopori pendekatan agama dalam sudut pandang sains ilmiah. Beliau menggagas pemikiran melalui ilmu metafisika eksakta yang menjelaskan apa sebenarnya agama itu.

Misteri tentang agama yang misterius, mistis, tak terlihat, dll, bisa didekati dengan menggunakan ilmu- ilmu eksakta (matematika, fisika, kimia, mekanika, biologi, dll), agar agama lebih bisa diterima oleh logika pikiran manusia. Umumnya, ajaran agama sulit dipahami karena minim dengan penjelasan logis, sehingga iman umat manusia rentan untuk bergeser ke atheisme atau sekulerisme.

Untuk mengungkap mengungkap gagasan dan pemikiran ilmiah dari Prof. Dr. H. Kadirun Yahya yang ternyata makin relevan dengan kondisi dunia dan perkembangan jaman pada hari ini, diselenggarakanlah kegiatan Seminar Internasional yang menghadirkan pembicara dari empat negara. Selengkapnya ...

 
SEMINAR NASIONAL
23-24 Juni 2022

Founding Father UNPAB, Prof. Dr. H. Kadirun Yahya, semasa hidupnya memiliki banyak peranan penting dan jasa bagi agama, bangsa, negara, dan umat manusia. Semenjak muda, Beliau telah mengabdikan hidupnya untuk kemaslahatan umat, menebar nilai-nilai manfaat, dan mengambil peran, di berbagai bidang. Prof. Dr. H. Kadirun Yahya banyak memberi sumbangsih di bidang pertahanan dan keamanan, politik, pembenahan mental dan peningkatan kualitas SDM, sosial kemasyarakatan, ekonomi, pendidikan, dan bidang keagamaan, khususnya di dunia tasawuf.

Bidang Militer (Kamis, 23 Juni 2022 08.30 - 12.15)    Live Streaming
Bidang Kenegarawanan/Pemerintahan (Kamis, 23 Juni 2022 13.50 - 15.45)    Live Streaming
Bidang Akademisi (Jumat, 24 Juni 2022 08.30 - 12.15)    Live Streaming
Bidang Tasawuf (Jumat, 24 Juni 2022 13.55 - 15.45)    Live Streaming

Selengkapnya ...

 
BEDAH BUKU
21- 22 Juni 2022
 

Bedah Buku Lima Maha Karya
Prof. Dr. H. Kadirun Yahya MA, M.Sc.

Daftar Disini

Sinopsis Buku

Lounching

Kapita Selekta Metafisika (Selasa, 21 Juni 2022 08.30 - 12.15)    Live Streaming
Metafisika Tasauf Islam (Selasa, 21 Juni 2022 13.50 - 15.45)    Live Streaming
Metafisika Eksakta (Rabu, 22 Juni 2022 08.30 - 12.15)    Live Streaming
Metafisika Teknologi Dalam Al Qur`an (Rabu, 22 Juni 2022 08.30 - 12.15)    Live Streaming
Sekuntum Bunga dari Taman Firdaus (Rabu, 22 Juni 2022 13.50 - 15.45)    Live Streaming


 


 
PENABALAN NAMA JALAN
25 Juni 2022
 

Peran, jasa, dan pemikiran Prof. Dr. H. Kadirun Yahya, merupakan hal yang penting untuk dikenang, dan sangat inspiratif, menjadi sebuah tauladan tentang pengabdian seorang tokoh dari Sumatera Utara bagi bangsa, negara, dan umat manusia, yang berlandaskan jiwa pengabdian kepada Tuhan.

Membenahi dan membangun bangsa harus dimulai dari membenahi dan membangun kualitas SDM, yang dilandasi dengan bagaimana manusia menemukan kecintaan dan jiwa pengabdiannya kepada Tuhan. Inilah yang menjadi pondasi pemikiran dan pergerakan dari Prof. Dr. H. Kadirun Yahya. Dengan mempertimbangkan catatan tentang jasa, peranan penting, dan pemikiran dari Prof. Dr. H. Kadirun Yahya di berbagai bidang, dan di bebagai tingkatan, mulai provinsi, nasional, dan internasional, maka diusulkan penabalan nama jalan Prof. Dr. H. Kadirun Yahya untuk mengapresiasi apa yang telah Beliau abdikan dan perjuangkan bagi bangsa, negara, dan kemaslahatan umat manusia.

 
 
PAMERAN DAN MUSEUM
SANG FOUNDER
21- 25 Juni 2022

Kegiatan ini menampilkan informasi riwayat hidup dan history tentang perjalanan, peran, serta jasa-jasa Prof. Dr. H. Kadirun Yahya, baik berupa display visual narasi maupun koleksi foto-foto, dan galeri barang- barang bersejarah peninggalan Prof. Dr. H. Kadirun Yahya.

Photo 1 Photo 2
 
MUNDZIRUL ULA
24 Juni 2022

Mundzirul Ula merupakan kegiatan silaturahmi dari kumpulan alkah-alkah Baitul seluruh dunia, yang merupakan salah satu penerus dari ajaran tarekat Naqsyabandiah Al-Khalidiah Prof. Dr. H. Saidi Syekh Kadirun Yahya. Kegiatan ini diperuntukkan bagi jamaah dari seluruh alkah Baitul-Baitul.

Photo Ula
 
 
BAZAR UMKM
21-25 Juni 2022
Foto Bazaar 2
Kegiatan bazar dalam rangka Hari Keputeraan agar dapat memperknalkan kegiatan yang ada di dalam Universitas Pembangunan Panca Budi dan UPUI (Unit Pengembangan Usaha dan Inovasi) terutama memperkenalkan berbagai produk souvenir yang dihasilkan oleh tim UPUI. Adapun tujuan diadakannya Bazar Gebyar Hari Keputeraan sebagai berikut :
1. Memperkenalkan berbagai produk inovasi dan UPUI
2. Menyemarakkan Gebyar Hari Keputeraan dengan menyediakan berbagai souvenir
3. Memupuk jiwa kerjasama dalam tim

 

Diselenggarakan Oleh :

Panitia Logo

@gebyarharikeputeraan   unpabofficial   Gebyar Hari Keputeraan   pmb.pancabudi.ac.id   UNPAB TV